Seo Tips

Belajar SEO Blog dan Optimasi Blogspot terbaik saat ini di dunia para blogger

BELAJAR SEO, MENGENAL WEBMASTER TOOLS

Webmaster Tools
Webmaster Tools

Tips SEO - Belajar SEO, Mengenal Webmaster Tools. Webmaster Tools adalah salah satu dari bagian yang paling penting yang harus dimiliki oleh webmaster "pemilik blog" itu sendiri. Sebenarnya tidak hanya para webmaster saja yang membutuhkan webmaster tools ini, sebagai blogger kita juga membutuhkan alat ini untuk memantau perkembangan blog kita di search engine, apalagi dalam hal untuk membantu kita di search engine optimization (SEO).

Webmaster tools tersedia gratis di masing-masing search engine, seperti search engine yang paling populer saat ini, yaitu Google. kalian bisa menuju ke Link ini http://www.google.com/webmasters/tools/.

Google Webmaster Tools itu sendiri adalah salah satu bantuan fitur yang diberikan oleh google untuk memudahkan pemilik blog atau situs untuk memonitoring seluruh aktifitas yang kita lakukan di blog. Baik itu dari top search keyword, domination keywords in blog, Indeks, kata kunci populer, seberapa sering Google mampir ke blog anda serta masalah-masalah lainnya seperti broken link , dan crawl errors. 

Tentunya google webmaster tools ini sangat berguna untuk kita, apalagi dalam hal search engine optimization (SEO). Seiring perkembangan di dunia blogger itu sendiri google terus berupaya memberikan kemudahan dari fitur-fitur di webmaster tools ini.

Webmaster tools sudah mendukung data Impressions & Clickthrough untuk blog kita. Pasti disini temen sudah tau bagai mana cara mendaftar google webmaster tool. tapi disini saya hanya membahas tentang mengenal fitur-fitur di webmaster, agar anda bisa lebih lagi memahami isi dari tools tersebut di webmaster tools.

Mengenal Fitur di Webmaster Tools


Penyempurnaan HTML

Di Tampilan Penelusuran, kalian akan menemukan yang namanya HTML Improvements (Penyempurnaan HTML). Laporan yang memberikan gambaransecara rinci tentang masalah yang berkaitan dengan meta description situs dan tag judul, bersama dengan catatan setiap konten yang tidak diindeks oleh google. Kalian bisa melihat fitur ini di Tampilan Penelusuran > Penyempurnaan HTML.

Data Terstruktur

Data terstruktur adalah cara yang membantu menjelaskan isi dari situs kita ke mesin pencari, dapat membantu peringkat dan lalu lintas situs kita di mesin google. Webmaster tools memiliki fitur yang menunjukkan jenis data terstruktur yang baik dan google mampu mendeteksinya pada situs kita, bersama dengan URL yang mengandung masing-masing jenis. Kalian dapat menemukan laporan ini di bawah Tampilan Penelusuran > Data Terstruktur.

Kueri Penelusuran 

Kueri Penelusuran menampilkan kueri google penelusuran situs yang menghasilkan URL dari situs kita. Kalian juga dapat melihat informasi tentang laman di situs kalian yang paling sering dilihat di hasil penelusuran (halaman teratas). Kalian dapat membandingkan rata-rata harian untuk periode terpilih dengan rata-rata harian untuk periode sebelumnya. Fitur ini menampilkan data 30 hari terakhir secara default, namun kalian dapat menyetel rentang tanggal untuk laporan menggunakan alat pilih tanggal di atas grafik. Kalian dapat menemukannya di Lalu Lintas Penelusuran > Kueri Penelusuran.

Googe Indeks

Status indeks memberikan statistik tentang URL yang dapat diindeks Google untuk situs terpilih untuk tahun-tahun sebelumnya. Mau tau cara google merayapi dan mengindeks situs kita? lihat disini Cara kerja penelusuran.

Kesalahan Perayapan

Kesalahan Perayapan memberikan detail tentang URL yang tidak dapat dirayapi oleh google dengan baik atau yang memunculkan kode kesalahan HTTP. halaman ini memiliki dua bagian utama yaitu : 

Kesalahan situs. Bagian ini menampilkan masalah utama selama 90 hari terakhir yang mencegah Googlebot mengakses seluruh situs kita (klik kotak mana saja untuk menampilkan seluruh bagiannya.
  • kesalahan DNS—Sistem Nama Domain (Domain Name System-DNS), yang menerjemahkan nama situs kita menjadi alamat numerik untuk server yang menyediakan file situs kita.
  • kesalahan Server—fungsi server penyedia host, seperti kecepatan dan keandalan sambungan.
  • kegagalan robots.txt—file yang harus terlebih dulu diakses Google sebelum dapat merayapi situs kita. File ini menginformasikan Google tentang halaman mana yang dapat atau tidak dapat diakses.
Kesalahan URL. Bagian ini mencantumkan kesalahan tertentu yang ditemukan Google saat mencoba merayapi laman aplikasi Android, ponsel, atau desktop tertentu. Setiap bagian utama di laporan Kesalahan URL terkait dengan mekanisme perayapan yang berbeda yang digunakan Google untuk mengakses laman kita, dan kesalahan yang tercantum bersifat khusus untuk jenis laman tersebut :
  • Desktop. Halaman web atau desktop yang diakses oleh Googlebot, perayap web utama Google.
  • Ponsel cerdas. Halaman ponsel cerdas yang diakses oleh Googlebot untuk ponsel cerdas.
  • Ponsel Menengah. Halaman ponsel menengah yang diakses oleh Googlebot-mobile untuk ponsel menengah.
  • Aplikasi Android. URL aplikasi Android yang dirayapi untuk menemukan tautan dalam dengan laman situs kita.
Mungkin itu saja pengenalan Webmaster tools dari saya dan untuk cara menggunakan webmaster tools ini sangat mudah. Semoga bermanfaat untuk temen-temen.
0 Komentar untuk "BELAJAR SEO, MENGENAL WEBMASTER TOOLS"

 
Copyright © 2014 Seo Tips - All Rights Reserved
Template By Seeotips